PKLH, S2 DAN S3 ILMU LINGKUNGAN UNP DALAM BATANG ARAU HARUM

PKLH UNP, Program Magister Ilmu Lingkungan dan Program Doktor Ilmu Lingkungan, Pascasarjana UNP, digandeng oleh LANTAMAL II Teluk Bayur dan DLH Kota Padang, untuk bersama sama dalam Program Bersih Batang Arau, pada Rabu 10 Februari 2021. Beban pencemaran sungai semakin berat disamping disebabkan oleh kegiatan industri juga disebabkan oleh masyarakat. DLH kota padang bersama dengan Lantamal II teluk bayur yang bekerja sama dengan Pusat Studi kependudukan dan LH UNP dan Program S2/S3 Ilmu Lingkungan Pascasarjana UNP, serta bersama forum lain, mengadakan kegiatan bersih sungai melalui program Batang Arau Cantik dan Harum untuk mengurangi sampah disungai, yang tujuannya memperbaiki kulaitas air sungai, meningkatkan pemahaman masyaralat yang semuanya berujung kepada peningkatan kunjungan pariwisata, meningkatkan pendapatan nelayan, serta keundahan kota Padang. Pada kesempatan ini juga bank nagari menyumbang satu kapal sapu sampah dengan mengunanakan CSR, kita berap langkah ini juga diikuti oleh industr, bank lain dan tetap dipersemakan melibatkan perguruan tinggi.

Dr. Indang Dewata (Ketua PKLH UNP/Ketua Magister Ilmu Lingkungan UNP) mengatakan bahwa beban pencemaran sungai semakin berat, disamping disebabkan oleh kegiatan industri juga masyarakat. Pada kesempatan yang sama, Prof. Dr. Eri Barlian (Ketua Program Doktor Ilmu Lingkungan, Pascasarjana UNP) menekankan perlunya kesadaran pelaku usaha dan masyarakat yang bersama sama pemerintah dan lembaga terkait, untuk menciptakan Batang Arau yang bersih dari sampah, sehingga Batang Arau Cantik dan Harum bisa dinikmati secepatnya.
Selain itu, perwakilan Mahasiswa Doktor dan Magister Ilmu Lingkungan UNP, Aprizon Putra, M.Si dkk, mengatakan akan melaksanakan riset bersama-sama dengan seluruh mahasiswa Magister dan Doktor Lingkungan, Pascasarjana UNP, dalam hal pengelolaan sampah berbasis masyarakat di sepanjang bantaran Batang Arau (dh/PPS/Humas UNP).

Mungkin Anda juga menyukai