Beban dan Lama Studi

Program Doktor (S3)

  1. Beban studi keseluruhan mahasiswa program S-3 adalah seluruh kurikulum program studi (50 sks).
  2. Setiap semester mahasiswa diperkenankan mengambil maksimum 15 sks.
  3. Lama studi program S-3 adalah 4-10 (empat sampai sepuluh) semester. Apabila mahasiswa tidak mampu menyelesaikan studinya dalam waktu 10 semester, mahasiswa yang bersangkutan dapat dinyatakan putus studi (drop-out).
  4. Mahasiswa dapat melaksanakan cuti kuliah melalui prosedur resmi. Apabila prosedur resmi tidak ditempuh padahal dalam semester tertentu mahasiswa melakukan “cuti-kuliah”, maka cutinya itu tidak diakui dan mahasiswa yang bersangkutan tetap dibebani kewajiban administratif untuk semester dimaksud.
  5. Mahasiswa dapat melakukan cuti kuliah dua semester berturut-turut, dan semuanya paling banyak tiga semester; cuti kuliah tidak diperhitungkan dalam keseluruhan lama studi.
  6. Dalam cuti kuliah mahasiswa tidak berhak memperoleh layanan akademik ataupun administrasi dari PPs-UNP.

 

Program Magister (S2)

  1. Seorang mahasiswa dalam menyelesaikan Program Magister harus menempuh/mengambil mata kuliah yang sesuai dengan kurikulum Program Studi masing-masing. Mahasiswa dapat mengambil beban studi maksimum 15 SKS/semester.
  2. Beban studi secara keseluruhan bagi  mahasiswa Program Magister adalah 44 SKS, yang dapat diselesaikan dalam jangka waktu 4 s/d 10 semester.
  3. Mahasiswa yang berkemampuan istimewa diberi kesempatan menyelesaikan studi dan membayar SPP dalam tiga semester, apabila ujian serta perbanyakan tesis telah diselesaikan pada semester ke tiga.
  4. Mahasiswa diberikan peringatan dini DO pada semester 5.
  5. Apabila setelah batas waktu maksimum (10 semester) mahasiswa belum dapat menyelesaikan studinya, maka mahasiswa tersebut akan diberlakukan drop out (putus kuliah) setelah diberi peringatan pada akhir semester 8 dan 9.