In order to view this object you need Flash Player 9+ support!

Get Adobe Flash player
Home Profil

PostHeaderIcon Profil

PostHeaderIcon Program Sudi

Program Studi S-3 (Doktor) : Ilmu Pendidikan, dengan orientasi:

  1. Pendidikan UMUM
  2. Teknologi Pendidikan
  3. Bimbingan dan Konseling
  4. Manajemen Pendidikan
  5. Pendidikan MIPA
  6. Pendidikan IPA
  7. Pendidikan IPS
  8. Pendidikan Bahasa
  9. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
  10. Pendidikan Bahasa Inggris
  11. Pendidikan Lingkungan
  12. Pendidikan Matematika

 

PostHeaderIcon Fasilitas

-->

Penyelenggaraan Program Doktor (S-3) Ilmu Pendidikan di PPs-UNP ditunjang oleh berbagai fasilitas, yaitu :
1. Fasilitas fisik, berupa ruang kuliah, ruang seminar, ruang belajar, dan kantor yang tersedia di Gedung PPs UNP.
2. Fasilitas administrasi, sebagaimana tersedia pada PPs UNP (Daftar nama karyawan administrasi terlampir)
3. Perpustakaan
a. Perpustakaan Pusat UNP
b. Perpustakaan PPs UNP
c. Kumpulan buku dan karya tulis pada Program Studi.
d. Perpustakaan Fakultas-fakultas dalam lingkungan UNP
4. Laboratorium dan workshop, yaitu laboratorium dan workshop yang telah dikembangkan sesuai dengan program kependidikan di fakultas-fakultas dalam lingkungan UNP.
5. Laboratorium Bahasa, sebagaimana telah dikembangkan di Fakultas Bahasa, Sastra dan Seni UNP, khususnya untuk pengembangan kemampuan Bahasa Inggris.
6. Unit Komputer, sebagaimana telah dikembangkan di PPs UNP.

7.  Unit Pelayanan Bimbingan dan Konseling (UPBK), sebagaimana telah dikembangkan oleh UNP.

 

 

PostHeaderIcon Tujuan dan Profil Lulusan

Berdasarkan visi dan misi tersebut di atas, Program Studi Doktor (S-3) Ilmu Pendidikan bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang bergelar Doktor Pendidikan dalam bidang Ilmu Pendidikan yang memiliki:

1. Wawasan dan kemampuan keilmuan Ilmu Pendidikan yang secara komprehensif dan terintegrasikan melandasi, memayungi dan sekaligus menjiwai praktik kependidikan; Kemampuan analisis kajian teoritik keilmuan pendidikan secara komprehensif dan terintegrasikan;

2. Kemampuan analisis situasi dan kondisi kependidikan yang bersifat lintas percabangan kependidikan;

3. Kemampuan analisis kebijakan, perencanaan dan operasionalisasi kegiatan pendidikan secara komprehensif dan terintegrasikan;

4. Kemampuan mendorong pengembangan berbagai percabangan kependidikan dengan mengacu kepada kaidah-kaidah keilmuan Ilmu Pendidkian secara komprehensif dan terintegrasikan;

5. Kemampuan meneliti dan mengembangkan kajian bidang keilmauan Ilmu Pendidikan secara komprehensif dan terintegrasikan;

6. Kemampuan penyebarluasan kajian keilmuan Ilmu Pendidikan secara komprehensif dan terintegrasikan, misalnya sebagai dosen; komitmen dan dedikasi yang tinggi dalam penguasaan teori dan praksis pendidikan dalam menyelenggarakan pengakajian, pengembangan, perencanaan, pengelolaan dan pelaksanaan pendidikan secara komprehensif dan terintegrasikan;

7. Menghasilkan produk-produk keilmuan pendidikan sebagai Ilmu yang mandiri dan berkembang untuk mencerdaskan kehidupan bangsa;

8. Menghasilkan produk-produk penelitian dalam bidang pendidikan;

9. Menghasilkan karya-karya pengabdian kepada masyarakat untuk peningkatan mutu pendidikan pada semua jalur, jenjang, dan jenis pendidikan.

 

PostHeaderIcon Visi

VISI dan  MISI Program Studi Ilmu Pendidikan

 

VISI

Penyusunan visi dan misi program studi dilakukan melalui kajian komprehensif terhadap hakikat, pengembangan dan implementasi ilmu pendidikan, eksistensi dan kemampuan kelembagaan, serta peluang dan tantangan program studi ilmu pendidikan. Kegiatan ini dilakukan dengan langkah-langkah analisis dan perumusan konsep, dengan memperhatikan visi, misi, tujuan dan sasaran universitas, perkembangan dan pembangunan pendidikan di tanah air serta Tridharma Perguruan Tinggi. Selain itu, juga dengan memperhatikan aturan perundangan , KKNI, dan Statuta UNP. Visi Program Doktor Ilmu Pendidikan dirumuskan sebagai berikut:

Menjadi Program Studi yang mengembangkan keahlian dalam kepakaran Ilmu Pendidikan bagi pendidik dan tenaga kependidikan yang unggul di kawasan Asia Tenggara berdasarkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa pada tahun 2020.

 


Misi

  1. Menyelenggarakan pembelajaran Program Doktor (S-3) untuk mendidik sarjana purna yang menguasai Ilmu Pendidikan secara komprehensif dan terintegrasi dalam ontologi,    epistemologi dan aksiologinya.

  2. Mendidik sarjana purna Ilmu Pendidikan yang mampu berperan dalam pengembangan program-program studi Ilmu Pendidikan dengan berbagai kecabangannya di LPTK dengan landasan dan jiwa keilmuan pendidikan dalam rangka pembangunan pendidikan di tanah air.

  3. Mengembangkan bidang kajian Ilmu Pendidikan secara komprehensif dan terintegrasi sebagai dasar dan terwujudnya sosok trilogi profesi pendidik dan tenaga kependidikan.

  4. Melakukan penelitian tentang pengembangan kaidah-kaidah keilmuan Ilmu Pendidikan dalam teori, praksis dan praktik.

  5. Melakukan pengabdian kepada masyarakat dalam praktik penerapan kaidah-kaidah keilmuan Ilmu Pendidikan untuk berbagai “kecabangannya”.

 

 

 

 

PostHeaderIcon Pandangan Ke depan

Pandangan ke Depan

1.   Berbagai penilaian menunjukkan bahwa mutu pendidikan di Indonesia, untuk semua jenjang dan jenis pendidikan, pada umumnya rendah. Di samping faktor material-finansial, keterpaduan menyeluruh filsafat, teori, wawasan dan keilmuan pendidikan yang mendasari kebijakan, perencanaan dan pengelolaan pendidikan nasional merupakan tuntutan yang signifikan untuk dipenuhi dalam segenap upaya mengatasi rendahnya mutu pendidikan tersebut.

Read more...

 
More Articles...
<< Start < Prev 1 2 Next > End >>
Page 1 of 2

| Pascasarjana Universitas Negeri Padang | Program Doktor|

Alamat: Jl. Prof. Dr. Hamka Air Tawar Padang 25131, Telp. (0751) 7058693
.
Situs: www.pps.unp.ac.id | E mail : info@pps.unp.ac.id
Designed by ODB PPs UNP.
Copyright @ Pascasarjana UNP 2006-2010